Tips Dan Trik Mengatur Kecepatan Blog Agar SEO Friendly


Sebelum menerapkan tips dan trik mengatur kecepatan blog agar SEO friendly, ujilah terlebih dahulu speed blog sobat. Cara ini agar dapat membandingkan para kompetitor selain blog sobat di search engine/mesin pencari. Estimasi kecepatan blog adalah biasanya 5-8 detik, jika lebih dari itu bukan tidak mungkin sobat akan kehilangan sepertiga "calon" pengunjung blog. Untuk mengetes speed blog sobat, silahkan coba masukkan URL Blog sobat di http://tools.pingdom.com/fpt/

Berikut adalah beberapa tips ampuh yang bisa diterapkan pada blog sobat.

1. Hindari semua yang tidak diperlukan. Hindari menggunakan widget musik atau backsound pada latar belakang blog. Periksa kembali semua widget dan gambar yang ada di blog, terutama animasi GIF. Widget seperti alexa rank ataupun page rank sebenranya juga tidak perlu ditampilkan di halaman blog. Jangan sampai sobat membebani para pengguna koneksi internet yang -maaf- agak lambat hanya untuk mengakses blog sobat yang berat.

2. Compress kode CSS. CSS pada dasarnya mempersingkat penyajian kode program, sehingga source code halaman web lebih ringan dan aksesnya lebih cepat. Sama seperti halnya kode HTML yang bisa diringkas, kode CSS juga bisa "dipangkas" menggunakan tool yang biasa disebut compressor.

Saya berikan contoh kode CSS biasa sebelum dikompres berikut ini.

#header-wrapper{
  width:950px;
  margin:20px auto 0;
}
#header-inner {
  background-position: center;
  margin:0 auto;
  width:950px;
}

Setelah kode diatas dikompres maka akan menjadi seperti ini:

#header-wrapper{width:950px; margin:20px auto 0}
#header-inner{background-position:center; margin:0 auto; width:950px}

Ringkas bukan? :)

3. Optimalkan penggunaan file gambar. Gambar merupakan bagian terberat dari sebuah konten blog. Cobalah memodifikasi konten blog sobat yang mungkin tadinya lebih condong menampilkan file gambar, untuk lebih banyak menyajikan konten berbasis teks.

Penyajian file gambar juga bisa dioptimalisasikan dengan menggunakan alt tag dan juga menggunakan thumbnail (ukuran kecil) dari gambar. Selanjutnya apabila pengunjung ingin melihat gambar pada ukuran sebenarnya, mereka tinggal klik thumbnail tersebut.

self-seo-free-html-optimizer
Self SEO - Free HTML Optimizer

4. Bersihkan kode. Hampir semua kode HTML meninggalkan banyak kode tag kosong yang tidak perlu (seperti <font> </font> ) dan menghapus whitespaces. Setiap ruang yang kurang diperlukan antara tag dan karakter baris baru meningkatkan ukuran halaman. Untuk menghapus whitespaces sobat bisa menggunakan HTML Optimizer di http://www.selfseo.com/html_optimizer.php.


Semoga Tips Dan Trik Mengatur Kecepatan Blog Agar SEO Friendly dapat diterapkan dan bermanfaat bagi sobat sebagai blogger yang gemar dalam menerapkan SEO.

0 komentar:

Posting Komentar