8 Langkah Mudah SEO Blogging Untuk Pemula

langkah-mudah-master-seo-untuk-pemula
Mungkin sedikit terlambat kalau saya baru membicarakan masalah SEO, mengingat banyaknya master SEO Indonesia yang sudah sharing banyak masalah Tips SEO dalam ngeblog di blog mereka masing-masing. Namun gak ada salahnya toh saya baru sharing masalah yang satu ini. Tutorial ini sangat cocok buat sobat yang sedang ingin mengembangkan ilmu SEO-nya.

Berikut adalah ringkasan 8 Langkah Mudah SEO Blogging Untuk Pemula:

1. Konten adalah raja
Yup, konten ialah bagian terpenting dalam sebuah blog ataupun website. Kualitas konten yang bagus akan bagus pula untuk SEO. Konten yang berkualitas membantu pengunjung supaya lebih memahami isi, dan juga dapat menyebabkan ketertarikan tersendiri baginya untuk selalu mengunjungi blog tersebut.

2. Antisipasi kepada siapa konten dibuat
JIka sobat menulis sebuah posting dan tidak tahu untuk siapa dan mengapa sobat menulis, maka otomatis konten yang sobat buat tidak akan tersampaikan oleh target. Lain halnya dengan pesan yang jelas tujuan dan maksudnya. konten seperti inilah yang biasanya bagus dalam posisinya di Search Engine (Mesin Pencari).

3. Judul, judul, dan judul
Seberapa penting sih judul itu ? eitt jangan salah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam setiap pemberian judul, karena Google akan memberi perhatian penuh untuk judul yang menarik dan mudah dipahami.

Pilihlah judul blog yang sesuai dengan isinya, ini bagian yang sering dilupakan oleh banyak blogger.
Masukkan kata kunci sobat di Judul postingan yang sobat buat.

4.Letakkan kata kunci di bagian lain posting
Jika sobat ingin dikenal lebih jauh oleh Google, ada jurus yang sangat jitu yaitu kata kunci yang diletakkan pada tempat selain di dalam posting. sobat bisa meletakkannya di h tag, di setiap kali sobat memberi Tags kategori, dan juga pemberian tag alt pada gambar.

5. Link antara post satu dengan lainnya
Ini adalah cara jitu memaksimalkan blog terhadap SEO secara on page atau pengoptimalisasian blog di dalam blog itu sendiri. Bagamana caranya ? triknya adalah adalah menaruh link posting A ke posting B jika sobat telah membuat posting baru. Link tersebut bisa diletakkan disea-sela posting maupun di Related Post (posting yang berhubungan).

6. Link dari luar blog
Bagian yang lumayan tersulit ialah mencari backlink dari situs lain. Ada berbagai macam cara supaya bisa mendapatkannya, diantara membeli link dari orang lain, dari directory, dari social networking dan bookmarking, maupun media tukar link antar sesama blogger. Yang terpenting adalah bukan kuantitasnya, tetapi kualitas link itu sendiri, apakah keyword yang sobat cari sudah tepat mengenai blog sobat atau belum.

7. Plugin
Kalau masalah yang satu ini saya belum bisa sharing karena blogspot belum difasilitasi plugin yang lengkap, termasuk plugin SEO. Sementara platform lainnya seperti wordpress sudah dilengkapi dengan plugin yang sangat banyak & cukup bagus.

8. Kesetiaan pembaca terhadap sobat
Maksud dari kata-kata berikut adakah bagaimana cara sobat menyampaikan dan memberi solusi dalam suatu permasalahan, bisa membuat pembaca tertarik untuk berbagi dengan lainnya. Pembaca bisa membookmark blog sobat, bisa juga memberikan link ke situs sobat, bahkan memberikan link ke situs sobat karena rasa berterimakasih kepada diri sobat.


Demikian rangkuman 8 Langkah Mudah SEO Blogging Untuk Pemula, artikel diatas saya kutip dari situs problogger.net dengan sedikit perubahan. Untuk optimalisasinya tinggal sobat aplikasikan semua tips yang ada diatas suapaya lebih mantap. Semoga bermanfaat :)

0 komentar:

Posting Komentar