Wisata Kuliner: Nikmatnya Masakan Khas Sunda

masakan-dan-makanan-nikmat- khas-sunda
Masakan Khas Sunda, Jawa Barat.

Rumah Makan Khas Sunda, Siapa yang tak kenal dengan nama tersebut? Bagi para pelaku Wisata Kuliner Jakarta tentu sudah tidak asing lagi dengan nama tersebut, terutama karena masakan khas Sunda sendiri adalah jenis kuliner yang paling populer di Indonesia. Masakan khas Sunda berbeda dengan masakan khas daerah lain, seperti Masakan Padang (Minangkabau) yang terkenal dengan bumbu pedas yang kaya akan rempah-rempah, santan, serta daging, Masakan Sunda justru menawarkan cita rasa yang unik, sederhana, dan tidak terlalu berat di lidah.

Menu siap saji yang tersedia di rumah makan sunda dan Seafood jakarta tentunya adalah kuliner ala masyarakat Sunda, Jawa Barat. Restoran menu Sunda pada umumnya menyajikan  Karedok, Ayam Bakar, Sayur Asem beserta Ikan Asin, dan Oncom. Berbagai macam jenis olahan masakan kuliner asli khas Sunda memang selalu hadir dengan varian yang sangat menarik. Tentu, dengan  cita rasa masakan yang luar biasa namun tetap sederhana. Sehingga pantas saja jika makanan Sunda ini kerap menjadi makanan favorit buat para pecinta kuliner Nusantara.

Selain terkenal dengan cita rasa masakan yang menggugah selera, rumah makan khas sunda juga menyediakan kudapan ringan dan minuman yang tak kalah nikmat. Kudapan yang paling terkenal antara lain surabi, tahu gejrot, tahu sumedang, dan dodol. Sementara untuk pelepas dahaga tak lupa disajikan minuman khas seperti bajigur, bandrek, es doger maupun es cendol.

es-goyobod-khas-sunda-segar-nikmat
Es Goyobod, salah satu minuman khas Sunda.

Rumah Makan Sunda pada umumnya bergaya saung, atau semacam rumah panggung yang biasanya terbuat dari bambu. Saung tersebut biasanya dibangun di atas sebuah kolam ikan, yang mana ikan-ikan di dalam kolam itu dapat dipancing sendiri oleh pengunjung dan bisa langsung dimasak untuk dijadikan lauk-pauk santapan. Cara bersantap di rumah makan khas Sunda juga berbeda, yaitu dengan lesehan (makan sambil duduk di atas sebuah tikar). Lazimnya di rumah makan lainnya menggunakan alat seperti sendok dan garpu, di rumah makan Sunda justru hanya menggunakan tangan sebagai media.

Tentu sobat semakin penasaran untuk mencicipi kuliner khas Sunda, bukan? Silahkan mencoba di rumah makan khas Sunda terdekat. :)

0 komentar:

Posting Komentar