Mari Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Google PageRank

google-page-rank-logo-button
Mari Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Google PageRank - Apa itu Google PageRank dan apa fungsi serta cara kerjanya? Mungkin itu adalah sedikit pertanyaan yang terbesit di dalam benak pengguna internet, khususnya blogger yang baru mendengar istilah ini. Setelah pada sebelumnya saya mengajak para pembaca untuk mengenal alexa rank, maka tak lengkap rasanya jika kita belum mengenal Google PageRank atau yang lazim disebut dengan Page Rank (dengan atau tanpa spasi).

Apa Yang Dimaksud Dengan Google PageRank?
Sebagaimana yang saya kutip dari situs wikipedia.org, pengertian PageRank secara umum adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya, Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas Stanford.

Google PageRank ditentukan oleh algoritma yang digunakan oleh mesin pencari (search engine) bawaan Google. Algoritma ini pertama kali diperkenalkan dalam sebuah karya kedua pendiri Google, Larry dan Brin, berjudul "The Anatomy of a Large Scale Hypertextual Web Search Engine". Google Page Rank didasarkan pada premis bahwa pentingnya karya riset dapat dinilai dari jumlah karya riset lainnya. Dengan adanya premis tersebut maka dapat diartikan bahwa halaman web dinilai dari jumlah hyperlink ke halaman web lainnya.

Algoritma Awal PageRank
PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )

  • PR(A) adalah PageRank dari halaman A
  • PR(T 1) adalah PageRank dari halaman 1 T
  • C (T 1) adalah jumlah outbound link (link yang keluar menuju halaman web lain) dari halaman 1 T)
  • d adalah faktor muatan dari isi pembahasan konten, bernilai antara 0 hingga 1, lazmnya ditetapkan hingga 0.85

PageRank dari halaman web dihitung berdasarkan dari jumlah PageRank semua link yang menuju halalamn website / blog Kamu (backlink / inbound link), dibagi dengan jumlah outbound link pada setiap halaman (link  keluar yang menuju website / blog orang lain).

Sebuah website / blog akan semakin populer jika semakin banyak web lain yang meletakkan link yang mengarah ke website nya, dengan asumsi isi / konten web tersebut lebih berguna dari isi / konten web lain. PageRank dihitung dengan skala 1-10.

Demikianlah artikel dari Saya yang berjudul Mari Mengenal Apa Yang Dimaksud Dengan Google PageRank. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. :)

Sumber referensi: Wikipedia.org dan Mbah Google

0 komentar:

Posting Komentar