Hasil Pertandingan Grup A: Ceko Duduki Singgasana, Yunani Runner Up

Tak ada yang mengira bahwa Republik Ceko bisa menjadi juara grup. Walaupun tidak dijagokan untuk lolos, Petr Cech kolega dapat melaju ke perempat final bahkan menjadi juara grup. Disusul oleh Yunani yang pada laga pembukaan melawan Polandia agak "terseok-seok", namun Karagounis cs berhasil membuktikan bahwa Jawara Euro 2004 ini masih layak diperhitungkan di ajang terbesar se benua eropa ini.

Di bawah kepemimpinan Petr Cech sebagai kapten yang menggantikan Tomas Rosicky yang cedera pada pertandingan sebelumnya, Ceko berhasil merebut 3 poin melawan tuan rumah Polandia. Gol penentu Ceko dicetak oleh Petr Jiracek pada menit 72, sekaligus menjadikan Jiracek sebagai Man Of The Match pada pertandingan tersebut. Ini merupakan hasil yang diluar dugaan, karena pada laga pertama Ceko harus menerima pil pahit dengan kekalahan telak 4-1 dari Rusia.

Lain halnya dengan Ceko, Yunani berhasil mengalahkan tim unggulan sekelas Rusia. Rusia yang diunggulkan untk lolos ke fase perempat final harus mengakui determinasi kuat dari Yunani. Di akhir penghujung babak pertama tepatnya pada menit ke-45+2, Rusia dikejutkan oleh sepakan keras Karagounis yang berhasil merobek jala Malafeev. Ini merupakan gol ke9 karagounis, dan total dia telah mengoleksi 120 caps sejak membela Yunani pada tahun 1999.



Sedangkan nasib sial harus menimpa tuan rumah Polandia, dan juga tim unggulan Rusia. Setelah menerima hasil buruk di putaran grup A, masing-masing tim harus berpisah dari pelatih mereka. Ya, Franciszek Smuda dan Dick Advocaat resmi mengundurkan diri dari kepelatihan Polandia dan juga Rusia.

Republik Ceko sebagai Juara Grup A akan meladeni runner up Grup B di National Stadium, Warsaw pada tanggal 21 Juni 2012.Sedangkan Yunani sebagai runner up harus menghadapi Juara Grup B di PGE Arena pada tanggal 22 Juni 2012. Namun Juara dan Runner up Grup B belum ditentukan, karena pertandingan terakhir di Grup B baru akan berlangsung esok dini hari. (Yusuf Abdul Qohhar)

0 komentar:

Posting Komentar