7 Fakta Mengenai SEO Yang Perlu Anda Ketahui

7 Fakta Mengenai SEO Yang Perlu Anda Ketahui - Jika Anda ingin menggunakan SEO, penting bagi Anda bahwasannya SEO bukanlah sesuatu yang dapat dilakukan dengan berpatokan terhadap prinsip yang sudah ditetapkan. Banyak perubahan-perubahan baru yang mungkin terjadi dalam dunia SEO yang gemar dilakukan oleh search engine yang tentu kita tidak dapat menduga sebelumnya.

Ada banyak hal yang lebih penting dibanding membangun link dan pemasangan tag judul. Diperlukan perencanaan matang yang perlu dilakukan dalam jangka waktu yang tidak sebentar, agar teknik SEO yang Anda terapkan berhasil.

Dibalik misterinya, ternyata SEO juga memiliki keterbatasan, maka dari itu ada 7 fakta mengenai SEO yang perlu Anda ketahui:

1. SEO tidak dapat menjamin keberhasilan
Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah bahwa SEO itu bukanlah seni sulap ataupun sihir, yang dapat memuat website Anda secepat kilat berada di urutan teratas search engine hanya dengan bermodal keyword saja.

Jika Anda mau membuka mata, maka Anda akan melihat ada ratusan ribu website yang menggunakan target keyword mirip seperti yang saat ini Anda pakai. Jika Anda menggunakan keyword "Free Download Software" (tanpa tanda kutip) misalnya, Anda akan sedikit terkejut dengan banyaknya pesaing Anda di search engine. Kurang Lebih terdapat 175.000.000 hasil pencarian dari kata kunci tersebut.

Jika kita asumsikan dari 175.000.000 website tersebut hanya terdapat 1000 website yang benar-benar memebrikan layanan terbaik dan handal dalam SEO-nya. Website-website tersebut akan bersaing di search engine yang pada halaman pertama hanya disediakan 10 'kursi'. Tentu ini akan menjadi persaingan yang sangat keras dan kuat, apalagi jika Anda ikut bersaing dengan 1000 website tersebut.

2. Keyword/Kata Kunci jangan hanya itu-itu saja
Misalkan pada saat ini Anda dengan kata kunci "Berita Sepakbola" berada di urutan teratas search engine. Ingat, Google selalu meng-update database mereka, dan bukan tidak mungkin akan terjadi perubahan SERP terhadap blog Anda nantinya. Ikutilah trend dan berita terbaru yang sedang booming.

SEO bukanlah proses satu kali, SEO adalah proses yang berkelanjutan. Di luar sana banyak terdapat website lain yang menunggu dan terus menunggu untuk menggulingkan peringkat Anda suatu hari nanti.

3. Page Rank tidak ada hubungannya dengan peringkat
Anda mungkin sering mengidentikkan bahwa Page Rank bisa membuat blog/website Anda baik di posisi SERP. Perlu diperhatikan, bahwa PR yang rendah sekalipun tidak akan terlalu berdampak buruk. Memang ada kalanya website dengan PR tinggi bisa menduduki peringkat teratas search engine, namun terkadang ada juga saatnya hal tersebut berkebalikan. Yang terpenting adalah kualitas backlink yang menuju ke website/blog Anda, bukan kuantitasnya.

4. SEO bukanlah ajang mencari link secara massal
Ini bukan mengenai jumlah link yang Anda terima, akan tetapi kualitasnya. Kadang-kadang satu link berkualitas lebih berharga dibandingkan 100 link yang minim kualitas. Banyak perusahaan yang menyediakan jasa link building, dimana kita akan menerima ratusan link atau bahkan ribuan link dari website perusahaan tersebut yang kita belum tentu tahu kualitasnya.

Link yang tidak memiliki kualitas bisa saja dianggap melanggar aturan search engine, dan dapat menimbulkan sanksi. Hal ini bisa berdampak buruk pada posisi website/blog Anda di SERP. Perumpaannya seperti membangun rumah, yang terpenting adalah kualitas material yang saling menyambung antar bagian dari rumah, dan bukan banyaknya material.

5. SEO bukan tentang men-submit artikel di Social bookmark
Banyak dari blogger yang menggunakan social bookmark ataupun directory secara berlebihan. Mungkin mereka beranggapan bahwa sebegitu mudahnya mendapat backlink dari social bookmark tersebut. Padahal jika link yang didapatkan tidak berkualitas, maka hasilnya pun nihil.

Perlu ditinjau kembali social bookmark yang memeberikan link berkualitas, terutama social bookmark yang dofollow seperti diigo.com. Ada pula banyak directory yang menawarkan link berkualitas kepada setiap blog yang ditaruh di directory tersebut, namun yang demikian sangat jarang ditemukan.

6. SEO itu lebih kepada perawatan website
SEO tidak hanya berlangsung hanya pada saat ini, tapi akan terus berlanjut pada periode tertentu. Ada banyak situs diluar sana yang siap mengungguli situs Anda, jadi bersiaplah dan teruslah perbarui dan maksimalkan teknik SEO Anda. Hal ini dilakukan agar dapat terus memepertahankan posisi website/blog Anda di mata search engine.


7. Lambat tapi pasti, maka Anda akan memenangkan kompetisi
SEO bisa diumpakan sebagai kompetisi yang sangat ketat dan keras. Bukan seberapa cepat Anda berlari untuk mencapai tujuan, tapi seberapa konsisten Anda melaju. Jika cepat diawal tapi kehabisan bensin di tengah jalan, toh itu akan percuma bila dibandingkan yang sedikit lambat tapi terus konsisten berjalan.

Ingat, SEO itu adalah proses yang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Perlu pengorbanan yang besar didalamnya. Lain halnya yang dengan PPC atau AdsWord yang dapat membawa hasil dalam hitungan menit.

Demikian adalah 7 Fakta Mengenai SEO Yang Perlu Anda Ketahui. Jadi dapat disimpulkan bahwa SEO juga memeiliki keterbatasan didalamnya. Sekian, Sudah dulu ya :) Semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar