Ingin Belajar SEO? Ini Dia 5 Langkah Mudah Dalam Mempelajarinya

Gambaran-Google-Sedang-Melacak
Apakah Itu SEO?
Apakah Kamu baru menenal SEO? Pernah mendengarnya, tapi belum pernah mengaplikasikannya? Ingin mempelajari tentang SEO serta seluk beluknya? Sebelumnya, mari kita cari tahu apa itu SEO sebenarnya.

Menurut Wikipedia, SEO atau Search Engine Optimization adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Saya akan memberikan tips mengenai langkah mudah menerapkan SEO, bahkan untuk yang baru mengenal SEO untuk pemula (beginner). Ingin Belajar SEO? Ini Dia 5 Langkah Mudah Dalam Mempelajarinya:

Konten
Ada sebuah istilah "Konten adalah raja", menurut Saya pepatah ini sungguh nayata kebenarannya. Konten blog sangat penting untuk mendeskripsikan dari isi blog, maksud, tujuan, maupun tema dari blog itu sendiri. Konten blog harus memiliki keterkaitan dengan tema blog, dan sangat identik dengan keyword. Meskipun keyword juga bagian yang penting, namun rasanya tidak perlu melakukan banyak spamming keyword di blog Kamu agar tidak dicap "spam" oleh search engine.

Baca juga: 7 Fakta Mengenai SEO Yang Perlu Anda Ketahui

Backlink
Kamu juga membutuhkan backlink untuk membantu popularitas web/blog kamu di mata search engine. Backlink berkualitas bisa didapatkan dimana saja, kalau dalam istilah blogging adalah "link building". Backlink bisa didapat dari social bookmark (dofollow), blog directory, article directory, forum signature, mengomentari blog orang lain, serta saling bertukar link antar sesama blogger. Dianjurkan backlink yang masuk ke dalam web/blog kita memiliki niche (tema) yang sejenis atau paling tidak memiliki keterkaitan.

Anchor Text
Anchor text adalah sebuah teks, biasanya berupa hyperlink, dalam sebuah kalimat yang sesungguhnya merupakan sebuah link yang menuju suatu halaman tertentu di web/blog. Biasanya kata yang dipilih adalah susunan kata yang singkat namun tetap bisa mendeskripsikan dengan jelas. Contohnya adalah seperti berikut: Ragam Beritaku, teks disamping adalah sebenarnya link yang menuju halaman depan (homepage) dari blog ini. Daripada harus menuliskan http://cavalosamor.blogspot.com/ yang merupakan alamat asli blog ini, maka Saya cukup menyingkatnya menjadi ragam beritaku, singkat cepat, dan jelas.

Baca juga: 8 Langkah Mudah SEO Blogging Untuk Pemula

Social Media
Social media adalah sarana terbaik untuk melakukan promosi sekaligus mencari backlink berkualitas. Social media seperti Facebook dan Twitter sangat cocok untuk mempromosikan barang, jasa, maupun blog kamu. Dan dengan ditambahkan pula mendaftarkan diri di social bookmark, sebagai sarana bookmark dan mencari backlink berkualitas. Apalagi jika social bookmarking tersebut mempunyai fitur dofollow, yang mana setiap link dari social bookmark tersebut yang masuk ke web/blog kamu akan terhitung sebagai backlink. Baca juga artikel mengenai cara meningkatkan traffic blog serta traffic dari stumbleupon.

Meta Tag
Pemasangan meta tag di web/blog memiliki peranan yang sangat penting, baik itu meta description, meta keyword, meta author, maupun meta robot. Hal ini agar nantinya halaman blog bisa terbaca dengan baik oleh search engine dengan deskripsi blog, keyword, dan author yang jelas dan sesuai aturan dari robot search engine. Mengenai meta tag ini akan Saya bahas di posting selanjutnya.

Mau belajar SEO lebih dalam lagi? Nantikan update tips dan tutorial SEO dari blog ragam beritaku, dan jangan lupa berlangganan artikel langsung dari blog ini. Terima Kasih :)


0 komentar:

Posting Komentar